Apakah penyebab telinga sakit saat sedang pilek?

BW Info Penanya: BW, Wanita, 17 Tahun
Dokter, saya sedang pilek, sudah 4 hari tapi kemarin pas saya bangun tidur tiba-tiba telinga kiri saya sakit dan serasa ada yang mengganjal. Saya kira kemasukan air waktu keramas jadi saya tetesin sedikit air ke telinga kiri saya tapi malah sakit. Kenapa ya dokter? Apa telinga saya akan sembuh lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, BW

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Pilek adalah suatu infeksi dari virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas, biasanya mengenai hidung dan tenggorokan. Pilek ini dapat terjadi pada berbagai lapisan usia, baik dari anak bayi, remaja maupun pada usia dewasa. Pada umunya pilek ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari. 

Pada tenggorokan kita terdapat saluran atau tuba yang menghubungkan antara tenggorokan dan telinga bagian tengah. Tuba ini disebut dengan tuba eustachius. Salah satu fungsi dari tuba eustachius ini adalah untuk menjaga tekakan udara pada telinga tengah.

Terkait dengan keluhan Anda, rasa tidak nyaman pada telinga saat pilek bisa dikarenakan beberapa hal seperti, adanya infeksi pada telinga, radang telinga, adanya perubahan tekanan dari telinga tengah, atau adanya kondisi medis yang lainnya.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Berusaha mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah
  • Hindari makanan yang bersifat pedas / beminyak dan berlemak
  • Hindari makaan yang banyak mengandung micin / penyedap rasa
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar
  • Hindari mengorek telinga

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera pariksakan diri Anda ke dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala flu yang dapat dirasakan adalah kesulitan bernapas

Kenali Gejala Flu dan Cara Mengatasinya

Gejala flu yang dapat dirasakan dapat beragam, mulai dari kesulitan bernapas, nyeri dada atau perut, pusing, muntah dan kebingungan. Kenali ragam gejala flu dan bedanya dengan pilek.