Pendengaran telinga kiri menurun dan telinga berair

AD Info Penanya: AD, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok, mau bertanya sebelah kiri telinga saya kadang suka ngga denger kadang denger dan kalo di korek suka ada bunyi kaya lembek atau becek di dalam, kira2 karna kemasukan air dan adanya kotoran jadi air ngga keluar atau kenapa ya dok? Tapi kalo di korek ngga ada kotoran atau mungkin ngoreknya ngga sampai ke dalem iya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AD,

Telinga berair adalah salah satu gejala yang bisa timbul apabila saluran telinga mengalami permasalahan, penyebabnya sendiri bisa disebabkan oleh peradangan ataupun infeksi, penumpukan kotoran telinga ataupun bisa karena adanya iritasi pada saluran telinga.

Untuk itu perlu menghindari mengorek telinga menggunakan cotton bud, karena bisa memicu iritasi ataupun mendorong kotoran telinga semakin masuk dan menimbulkan penumpukan. 

Yang paling sering terjadi adalah peradangan atau infeksi di saluran telinga tengah atau disebut dengan otitis media. Gejalanya sendiri diantaranya adalah :

  • Timbul cairan pada telinga
  • Ada rasa nyeri ditelinga
  • Penurunan pendengaran
  • Demam
  • Sakit kepala atau pusing

Untuk mengurangi gejala yang timbul bisa hentikan mengorek telinga, dan segera memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis THT. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan penangana baik pemberian obat minum dan obat tetes telinga serta pembersihan saluran telinga.

Jika terdapat nyeri dan rasa gatal bisa bersihkan cairan yang keluar dari telinga dan minum obat pereda nyeri dan demam seperti parasetamol dan minum obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat. 

Jika tidak diobati dengan tepat, kondisinya dapat menetap dan menjadi kronik. Hal ini bisa membuat terjadinya penurunan kemampuan mendengar dan juga berisiko terjadi infeksi yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.