Telinga kemasukan pentul jarum

KL Info Penanya: KL, Wanita, 20 Tahun
Telinga saya kemasukan pentul nya jarum . Gimana cara mengatasinya.. masuk sangat dalam sampai sulit di jangkau
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi K,

Berdasarkan keluhan yang anda alami, disarankan hal pertama yang dilakukan jangan dikorek dengan menggunakan apapun, jangan dibilas, jangan menggunakan tetes telinga. Jika dikorek dapat terjadi lecet, mendorong benda asing masuk lebih dalam dan gendang telinga pecah.

Jarum pentul disebut benda asing yang berasal dari luar tubuh. Keluhan yang pertama kali muncul ketika benda asing masuk ketelinga adalah nyeri atau berair.

Benda asing yang berada ditelinga harus dikeluarkan. Untuk tatalaksana dirumah, anda dapat melakukan :

- goyangkan kepala ke arah bawah agar benda asing dapat keluar.

- keluarkan dengan penjepit jika benda asing tidak masuk terlalu dalam. Jika sudah terlalu dalam, jangan coba cara ini karena dapat membuat benda asing masuk lebih dalam.

Disarankan untuk langsung ke dokter spesialis THT untuk menghindari terjadinya gangguan pendengaran,  luka, infeksi telinga, bengkak serta gendang telinga pecah. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan dengan otoskop untuk melihat berapa dalam jarum pentul yang masuk. Setelah mengetahui berapa dalam maka dokter akan membantu untuk mecari teknik apa yang cocok untuk mengeluarkan benda asing. Beberapa cara yang dilakukan dokter untuk mengeluarkan benda asing adalah dibilas, menggunakan penjepit, dan menggunakan alat penghisap.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.