telinga keluar cairan, apa penyebabnya?

BN Info Penanya: BN
dok ini anak saya kok udah 5bulanan telinganya keluar cairan berwarna hijau kekuningan,umur anak saya 3th.saya sudah berobat ke dokter anak ketika rumah masih di jogja.dikasih obat yg sirup antibiotik.tapi ketika sudah sembuh balik lagi seperti itu.dan mengeluh kesakitan telingan nya ketika dipegang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore BN,

Telinga berair adalah tanda adanya infeksi di saluran telinga terutama di telinga bagian tengah. Adanya cairan ini bisa timbul karena infeksi telinga yang berkelanjutan yang bisa diawali flu atau infeksi saluran napas sebelumnya.

Jika sudah berlangsung cukup lama dan tidak membaik dengan pengobatan maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis THT. Nantinya akan dievaluasi apakah memerlukan tindakan baik pembersihan saluran telinga ataupun tindakan apabila terdapat masalah pada gendang telinga seperti miringotomi.

Miringotomi merupakan tindakan untuk mengalirkan cairan dari gendang telinga yang penuh karena infeksi atau radang telinga tengah.

Untuk itu upayakan juga tidak mengorek telinga dengan cotton bud untuk mencegah infeksi telinga lebih berat. Bersihkan cairan yang keluar saja. Untuk sementara berikan obat pereda nyeri seperti paracetamol dan periksakan pada dokter spesialis THT dengan menggunakan masker saat pergi ke fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.