06 May 2021, 13:16Penyakit Lainnya

Telinga tidak bisa mendengar sebelah, apa penyebabnya?

HW
Info Penanya: HW, Pria, 31 Tahun
assalamualaikum wr. wb. dok mau tanya nih. awal nya mandi kuping sya kaya ini mah ke masukan air. terus ma saya di korek2 telinga saya pake korek kuping eh malah nambah budeg dok. ampe sekrang udah 5 hari. sya udah brobat ke klinik di kasih cairan telingan udah 2hari pake belum ada perubahan.. telinga sya mah ga ada mengeluarkan kotoran atawa cairan cuman di telinga saya berisik bangat kaya ada suara pahiyeng ngomong pun saya ngedengung di dalam telinga .. gimana ya biar sembuh kembali
243 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang HW, Budeg adalah kondisi gangguan pendengaran yaitu penurunan pendengaran yang bisa terjadi pada kedua telinga ataupun sebelah saja. Kondisinya bisa terjadi mendadak ataupun perlahan-lahan.

Penyebab penurunan pendengaran

Penurunan pendengaran merupakan keluhan yang bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:
  • Adanya infeksi saluran telinga
  • Adanya penumpukan kotoran telinga
  • Adanya massa atau tumor di telinga
  • Adanya kerusakan organ pendengaran
  • Efek obat ataupun penyebab lainnya
Apabila sampai 5 hari tidak ada perubahan meskipun sudah berobat, sebaiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis THT. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk kondisinya dan dilakukan pembersihan telingan juga. Hindari mengorek telinga menggunakan cotton bud karena bisa membuat kotoran makin terdorong masuk dan menimbulkan penumpukan dan pengerasan dari kotoran telinganya.Untuk sementara, tetap lanjutkan pengobatan yang diberikan oleh dokter sebelumnya dan jangan mengorek telinga dulu. Hindari menggunakan headset atau sejenisnya. Kompres dengan air hangat jika telinga nyeri dan segera periksakan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gangguan pendengaranpenyakit telingatelinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil