Telinga berdengung dan sakit kepala

FH Info Penanya: FH, Wanita, 23 Tahun
Penyebab tiba-tiba kuping berdengung pada saat kepala nyeri apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FH,

Keluhan telinga berdengung dapat mengganggu terutama jika disertai gejala lain seperti sakit kepala, penurunan kemampuan pendengaran, ataupun seperti adanya suara mendesis di telinga. Penyebab dari telinga berdengung atau tinnitus dalam istilah medisnya adalah:

  • Penumpukaan kotoran telinga
  • Infeksi pada saluran telinga
  • Efek samping obat tertentu
  • Adanya tumor jinak di organ pendengaran ataupun pada persarafan
  • Menderita penyakit lain seperti penyakit meniere yang ditandai pusing berputar dan gangguan pendengaran, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, gangguan tiroid, ataupun mengalami benturan pada kepala

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang timbul diantaranya adalah dengan cukup beristirahat, hindari mengorek telinga menggunakan benda seperti cotton bud, hindari merokok, hindari kafein atau minuman beralkohol dan redakan stres. Bisa juga mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan dan batasi penggunaan earphone atau headset. 

Jika keluhan tidak juga berkurang atau mereda maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis THT agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan sesuai dengan kondisi yang dialami. Nantinya juga dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan struktur telinga dalam menyebabkan penurunan fungsi telinga pada lansia

Penyebab Penurunan Fungsi Telinga pada Lansia

Lansia yang berumur di atas 65 tahun berisiko mengalami gangguan pendengaran. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti diabetes dan perubahan struktur telinga bagian dalam.