Telinga berdenging dan kepala terasa berat sudah seminggu. Apa penyebabnya?

PS Info Penanya: PS, Pria
Dok,kepala terasa berat,telinga mendengung sudah seminggu tidak sembuh,penyebabnya apa & obatnya apa ya? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, PS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Telinga berdenging bisa akibat gangguan pendengaran atau gangguan aliran darah. Penyebab paling sering adalah terpapar suara bising yang terlalu keras dan mengakibatkan kerusakan sel indera pendengaran di dalam telinga. Misalnya suara pesawat, proyek pembangunan atau suara mesin lainnya. Selain itu bisa juga akibat penumpukan kotoran telinga atau infeksi.

Beberapa obat-obatan juga bisa memberi efek samping telinga berdengung seperti antibiotik, obat penenang atau antidepresan. Penyakit pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau diabetes juga bisa mengakibatkan telinga berdengung. Cedera pada kepala dan leher juga bisa mengganggu sel pendengaran. Merokok, minuman keras, kafein atau makanan tertentu juga mempunyai peran pada keluhan telinga berdengung. Begitu juga stres dan kurang istirahat.

Mengingat banyak sekali penyebabnya, sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter Spesialis THT untuk memeriksa telinga Anda. Bila tidak ditemukan kelainan maka Anda memerlukan evaluasi lebih lanjut untuk hipertensi atau penyakit pembuluh darah lainnya. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.