18 Jun 2021, 14:49Penyakit Lainnya

telinga berdarah karena dikorek apa bisa sembuh sendiri?

VN
Info Penanya: VN0
Hallo dok, saya mau bertanya. Tadi saya mengorek telinga saya tapi berdarah ituh kenapah ya dok? Terus telinga kiri saya berasa tidak nyaman.. Apah ituh tidak apah apah? Apah bisa sembuh dengan sendiri nya?
997 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo V,Melakukan tindakan mengorek telinga, perlu dilakukan dengan perlahan dan hati-hati. Jika tindakan ini dilakukan terlalu keras, tentu dapat menyebabkan teliga terluka atau adanya jaringan kulit yang terkelupas karena gesekan dengan alat yang digunakan untuk mengorek. Kemudian bila luka ini dibiarkan dan tidak diobati, maka dapat terjadi infeksi hingga muncul berbagai keluhan lain seperti muncul benjolan bernanah atau keluar cairan lengket berwarna bening dari telinga, serta pembengkakan pada area rahang yang menyulitkan gerakan mnegunyah. Seluruh keluahn ini disebut juga dengan otitis eksterna.

Perawatan luka dalam telinga

Telinga juga sangat mungkin berdarah jika saat mengorek, terjadi perlukaan pada dinding liang telinga yang menyebabkan keluarnya darah. Jika terasa nyeri, konsumsi obat antinyeri paracetamol dan hindari mengorek telinga lebih lanjut. Anda juga harus melakukan konsultasi kepada dokter THT, guna dilakukan pemeriksaan liang telinga dengan otoskop dan dinilai separah apa perdarahan yang terjadi. Perdarahan yang sudah berhentipun, sebaiknya tetap diperiksakan. Jangan sampai luka tersebut terbuka kembali dan tidak kunjung sembuh.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi bakteripenyembuhan lukaradang telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil