02 Jun 2020, 14:12Kepala

Apa penyebab telinga saya berair?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 17 Tahun
Dok,saya berumur 16 tahun saya pengen nanya kenapa telinga saya kok sering berair warna kuning tapi tidak kental,,,dan setiap tersentuh area lubang telinga selalu ada airnya,,,tapi tidak sampai mengalir keluar telingan hanya mengendap di area kotoran telinga jadi sering saya bersihkan dengan Cutton Bud dok,,jika saya diamkan cairannya berubah menjadi keras dok..tapi saya tidak memiliki gejala apapun seperti telinga sakit disentuh,berdengun atawpun budek dok?apa ini termasuk infeksi telinga dok?
17085 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat pagi, LA. Keluarnya cairan dari telinga dalam istilah medis disebut ottorea, hal ini menunjukkan bahwa adanya kelainan berupa infeksi pada telinga bagian tengah. Pada kondisi normal telinga hanya memproduksi kotoran telinga yang mengandung minyak untuk membungkus debu dan benda asing lainnya.

Berikut ini beberapa penyebab keluarnya cairan dari telinga:

  • Otitis media, infeksi yang terjadi pada telinga baik karena virus atau bakteri, hal ini dapat menyebabkan telinga mengeluarkan cairan yang sangat banyak dan juga dapat merobek gendang telinga
  • luka karena membersihkan telinga terlalu sering
  • Otitis eksterna, infeksi ini biasa akibat terlalu sering bermain diair sehingga liang telinga lembab dan mudah terjadi infeksi oleh karena bakteri atau virus.

Jika telinga keluar cairan hal yang Anda lakukan di rumah sebaiknya:

  • Mengompres bagian sisi telinga yang mengeluarkan cairan dengan handuk hangat dan pastikan handuk yang Anda gunakan tidak terlalu basah agar air tidak masuk ke liang telinga.
  • Jangan menggunakan obat tetes tanpa anjuran dari dokter Anda.
  • Atur napas Anda agar tidak menghembuskan napas terlalu kencang yang akan menyebabkan cairan semakin banyak keluar.
  • Jangan terlalu sering mengorek telinga.
Terkait dengan kondisi yang Anda alami kemungkinan penyebabnya bisa salah satu dari kondisi yang sudah saya sebutkan diatas. Namun untuk lebih memastikan penyebabnya, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter THT ya. Terutama jika  keluhan disertai dengan demam tinggi, pendengaran tiba-tiba berkurang, cairan bercampur darah.Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
infeksi telingaradang telinga tengahpenyakit telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil