Telinga berair gatal sudah setahun lebih disertai sakit rahang sulit membuka

Y Info Penanya: Y, Wanita, 19 Tahun
telinga saya berair dan sering gatal ini sudah setahun lebih dan kadang sakit sampai ke rahang dan susah untuk membuka mulut,apa penyebabnya dan apakah saya harus pergi ke dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y

Telingan berair disertai gatal hingga nyeri ke rahang dapat terjadi pada infeksi telinga/ otitis. Jika telinga berair terasa gatal dan nyeri berlangsung lama bisa jadi sudah terjadi OMSK atau otitis media kronik, keadaan ini adalah infeksi teling bagian dalam yang kronik disertai pecahnya gendang telinga sehingga telinga akan selalu berair. Nyeri yang menjalar hingga ke rahan dapat terjadi karena radang di telinga bagian dalam, akibat satu jalur persarafan maka nyeri pada telinga bisa menjalar hingga ke rahang.

Saya sarankan agar anda jangan mencongkel telinga meskipun gatal, jaga kebersihan telinga jangan sampai kemasukan air, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter THT untuk tatalaksana lebih lanjut termasuk pemberian antibiotik dan operati, jika infeksi sudah sangat lama dan berat mungkin harus dilakukan operasi pembesihan telingan dalam. Infeksi telinga juga berbahaya karena kuman bisa naik ke otak memicu radang otak. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.