25 Nov 2020, 16:07Penyakit Lainnya

Apa penyebab benjolan kecil pada telinga bayi?

SR
Info Penanya: SR0
Sore dok. Ank sy usia 2 bln wktu sy mndikan ad ktoran putih kluar dri tlinga stlah sy prhtikan ad bnjoln kcil sprti kntong air dblkang telinga. Langkah apa yg hrus sy lkukan. Oh iya ank sy tdk ad kluhan demam atau rewel
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore, SR.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Masalah anak terkadang membuat orangtua khawatir, terutama Ibu. Kulit bayi yang sensitif, dapat menjadi merah, gatal, bersisik secara tiba-tiba. Penggunaan sabun atau baju yang tidak cocok juga dapat menyebabkan masalah pada kulit bayi.

Penyebab benjolan kecil pada telinga bayi

Benjolan kecil pada pada telinga bayi Anda dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain :
  • Sumbatan kelenjar rambut
Di seluruh tubuh kita mempunyai rambut-rambut halus atau bulu, termasuk di belakang telinga. Jika rambut ini tersumbat akan menyebabkan infeksi dan membentuk seperti jerawat pada kulit. Kelenjar rambut yang terinfeksi ini juga dapat mengeluarkan bintik seperti komedo putih. Umumnya ini tidak perlu penanganan khusus, namun jika sumbatan kelenjar rambut banyak dan menimbulkan demam, nyeri pada bayi, perlu diberikan terapi lebih lanjut oleh dokter.
  • Pembesaran kelenjar getah bening (KGB)
Pembesaran KGB daerah leher dan telinga, dapat disebabkan oleh infeksi di sekitarnya, misalnya infeksi di telinga, infeksi tenggorokan, infeksi gigi/gusi. Jika sumber infeksi diatasi, maka KGB akan mengecil kembali.
  • Lipoma
Lipoma adalah benjolan yang terbentuk akibat lemak. Lipoma ini teraba di bawah kulit, tidak nyeri, tidak berbenjol-benjol, tidak menimbulkan demam atau radang pada kulit. Lipoma tidak berbahaya. Indikasi pembuangan lipoma melalui tindakan bedah kecil hanya unyuk segi kosmetik.
Sama halnya dengan sumnbatan pada kelenjar rambut, sumbatan pada kelenjar sebasea terjadi karena infeksi pada kelenjar keringat. Hal ini kadang tidak menimbulkan nyeri.Abses terjadi jika ada peradangan di tubuh, maka tubuh akan mengkompensasi dengan mengeluarkan sel darah putih. Sel darah putih yang menumpuk di jaringan yang terinfeksi akan membentuk benjolan dan mengeluarkan nanah. Abses perlu penanganan seperti pembersihan luka abses, dan pemberian salap antibiotik.

Tindakan yang dapat dilakukan di rumah 

Tindakan yang dapat dilakukan di rumah yaitu mencari tahu penyebab benjolan. Bersihkan dan kompres benjolan menggunakan air hangat untuk mengurangi nyeri dan bengkak, observasi benjolan. Jika benjolan bertambah besar, nyeri sehingga anak menjadi rewel, demam, Anda sebaiknya membawa bayi Anda ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat.dr.Lidya Hapsari."
infeksi kulitfolikulitisbenjolan lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil