Telat suntik KB, apakah bisa hamil?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 27 Tahun
Selamat malam dok..Saya ibu menyusui sy menggunakan KB suntik 3 bln skali selama 1 THN ini , selama KB sy belum pernah haid,Tgl 3 September ini harusnya suntik ulang tetapi karna kesibukan akhirnya terlewatkan, namun sy berhubungan intim di tgl 3 itu.Sy baru suntik ulang tgl 13 September dan berhubungan intim pada malam hari nya.Apakah ada kemungkinan bisa hamil dok???Mohon penjelasannyaTerimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, HB.

Saat menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan, kondisi hormon seorang wanita akan berubah, sehingga tidak terjadi kehamilan. Ketika masa kerja suntik sudah berakhir, hormon tubuh akan berangsur-angsur normal, dan seorang wanita akan kembali subur. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk subur kembali bervariasi bagi tiap-tiap wanita, mulai dari enam minggu sampai dengan dua tahun, dengan rata-rata enam bulan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, berikut penjelasannya:

  • Masa suntik Anda berakhir pada tanggal 3 September, yang berarti setelah tanggal 3 September hormon Anda akan berangsur-angsur mendekati normal
  • Anda suntik kembali tanggal 13 September, di mana suntik akan baru aktif 14 hari setelah dilakukan
  • Oleh karena itu, ada jeda selama 10 hari (antara tanggal 3 dan 13), ditambah 14 hari menunggu suntik aktif, yang apabila ditotal menjadi 24 hari
  • Seperti yang telah dijelaskan di atas, rata-rata wanita membutuhkan waktu enam minggu (42 hari) untuk subur kembali, di mana jeda waktu Anda kurang dari enam minggu

Dari informasi-informasi yang dipaparkan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan kehamilan sangat kecil. Akan tetapi, kecil bukan berarti nol, karena efektivitas suntik adalah 99%, sehingga tidak tertutup kemungkinan untuk hamil.

Jadi, Anda dapat mencoba melakukan testpack sekitar sebulan setelah berhubungan. Apabila negatif, maka ke depannya, hindari terlambat suntik kembali, ya. Usahakan meluangkan waktu beberapa jam, agar perencanaan kehamilan dapat berlangsung sesuai keinginan Anda dan pasangan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan menggunakan metode kontrasepsi

Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Pengaman?

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan dengan menggunakan metode kontrasepsi. Apa saja pilihan alat kontrasepsinya?