13 Feb 2021, 19:32Kandungan

Apakah terlewat jadwal suntik KB 3 bulan bisa menyebabkan hamil ?

IS
Info Penanya: IS0
Selamat malam dok,saya mau bertanya Saya telat suntik kb yg 3 bulan harusnya saya suntik di tgl 19 januari 2021 tp saya lupa dan baru suntik di tgl 31 januari l 2021,dari tgl 19 sampai 31 itu saya tidak berhubungan,saya berhubungan setelah suntik kb 3 hari Tepatnya saya suntik kb di tgl 31 & berhubungan di tgl 3 apa itu bisa hamil dok Terimakasih sebelum nya
778 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, I.Menggunakan alat kontrasepsi suntik KB 3 bulan banyak dipilih wanita karena pemakaian yang gampang, begitu pula penghentiannya. Suntik yang setiap 3 bulan sekali, tidak perlu tiap bulan, kadang membuat wanita terlewat jadwal suntik seharusnya.

Apakah terlewat jadwal suntik KB 3 bulan bisa menyebabkan hamil ?

Terlewat jadwal suntik KB 3 bulan bisa menyebabkan hamil jika saat Anda melakukan hubungan seksual pada masa subur dimana sel telur yang matang berhasil dibuahi oleh sperma.Begitu pula Anda yang berhubungan seksual 3 hari setelah suntik KB. Suntik KB 3 bulan setidaknya memerlukan waktu 1 minggu agar hormon berkerja secara optimal, sehingga kehamilan dapat dicegah. Waktu 3 hari setelah suntik dapat memungkinan pembuahan terjadi, sehingga perlu menggunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom saat berhubungan seksual.Jika setelah berhubungan seksual Anda mengalami mual dan muntah, terutama pada pagi hari, nafsu makan berkurang, perubahan suasana hati, rasa ingin terus kencing dan diikuti telat menstruasi, maka segera lakukan test pack dan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil