20 Aug 2021, 01:51Kandungan

Apakah telat suntik ada kemungkinan untuk hamil?

US
Info Penanya: US0
selamat mlm dok saya putri dok saya mau tanya saya telat suntik kb 3bulan seharusnya tanggal 16 jdinya malah tanggal 19 apa ada kemungkinan saya hamil dok soalnya saya baru saja slsi datang bulan dan selang beberapa hari saya melakukan hubungan apa ada kemungkinan saya hamil dok
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, UTerima kasih atas pertanyaannya.Tujuan KB adalah upaya untuk menunda kehamilan.  Salah satu jenis KB yaitu suntik KB 1 bulanan atau 3 bulanan.  Suntik KB ini memiliki efektivitas mencapai 98-99% dalam mencegah kehamilan dengan pengunaan sesuai aturan dan jadwal teratur.  

Hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan suntik KB :

  • Tepat waktu dalam jadwal suntik KB agar menjaga efektivitas KB dalam mencegah kehamilan. 
  • Tunda hubungan intim atau gunakan kondom 7 hari pertama setelah suntik KB agar memberi waktu KB untuk bekerja efektif 5-7 hari setelah suntik KB. 
  • Belum ada KB yang 100% mencegah kehamilan, jadi ada kemungkinan 1 dari 100 orang suntik KB teratur yang mungkin hamil. 
Jadi bila hubungan masih dalam periode haid sebelumnya atau tidak dalam tanggal 16-19 serta tidak dalam 7 hari pertama setelah suntik KB ulang maka kemungkinan hamil cukup kecil.  Namun sering telat suntik dapat menimbulkan penurunan efek KB sehingga meningkatkan potensi kehamilan.  Untuk itu pastikan selalu tepat waktu suntik KB sesuai jadwal yang diberikan.  Catat di kalender, di handphone, serta beritahu pasangan atau orang rumah untuk mengingatkan sekiranya anda terlupa kembali.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil