28 Sep 2020, 14:14Kandungan

Telat suntik kb apakah mungkin bisa hamil?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 22 Tahun
Dok sya mau tanya sya pake kb suntik 3bulan tpi kmren sya telat 1 bulan ,,skrg udh suntik lg apa kah sya bisa menyebabkn hamil tpi kmren sya sudh cek tespeck hasil x negatif dok ap kh mungkin nnti x bisa hamil
207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AF,Suntik KB 3 bulan adalah metode kontrasepsi dimana dilakukan penyuntikan obat hormonal untuk mencegah kehamilan setiap 12 minggu sekali. Penyuntikan sendiri perlu dilakukan dengan teratur untuk memberikan perlindungan yang maksimal.Apabila terlambat suntik dan diperiode terlambat tersebut melakukan hubungan intim maka kemungkinan hamil bisa saja terjadi. Tapi jika sudah dilakukan testpack dan hasilnya negatif berarti terlambat haid bukan karena kehamilan. Penyebab terlambat haid sendiri bisa karena efek samping KB, dimana KB suntik 3 bulan sendiri memiliki beberapa efek samping seperti:
  • Membuat siklus menstruasi terganggu
  • Membuat tidak haid sama sekali
  • Bisa terjadi perdarahan diluar masa menstruasi ataupun perdarahan berlebih saat haid
  • Nyeri payudara, sakit kepala, masalah kepadatan tulang
Jika masih ingin menunda kehamilan tetap lanjutkan suntik KB sesuai jadwal baik terjadi menstruasi ataupun tidak menstruasi. Apabila sudah ingin hamil bisa lepas KB tapi KB suntik memerlukan waktu yang cukup panjang untuk bisa kembali subur setelah lepas KB.Jika merasa kurang nyaman dengan efek samping yang timbul karena KB tersebut, bisa coba berkonsultasi pada dokter atau bidan untuk mengganti metode kontrasepsi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil