27 Sep 2020, 18:54Kandungan

Telat suntik KB 1 bulan

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 22 Tahun
Dok kmren sya lupa suntik kb 1bulan dok dn skrg sya suntik lg dan sya coba pake tespeck hasil x negatif dok apa ada kemungkinan bisa hamil dok
294 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AF,KB suntik 1 bulan adalah salah satu metode kontrasepsi yang memiliki efektivitas yang baik untuk mencegah kehamilan. Metode KB suntik ini perlu dilakukan setiap 4 minggu sekali agar menjaga efektivitasnya. Apabila terlambat KB suntik bisa ada kemungkinan hamil dan lebih besar peluangnya jika terlambatnya lebih lama. Jika sudah testpack dan hasilnya negatif berarti bukan kehamilan. Jika dalam 2 minggu belum juga haid, bisa ulang pemeriksaan testpacknya. KB suntik sendiri terkadang memerlukan waktu untuk dapat kembali subur jadi peluang kehamilan bisa lebih kecil tapi tetap mungkin terjadi.Untuk berikutnya apabila terlambat suntik KB, bisa gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom terlebih dahulu. Apabila kesulitan untuk menyesuaikan jadwal suntik dan masih ingin menunda kehamilan lebih lama, bisa juga mempertimbangkan metode kontrasepsi lainnya seperti:
  • Pil KB
  • KB suntik 3 bulan
  • KB implan
  • KB spiral
Bisa perhatikan juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode kontrasepsi agar disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil