Apa yang harus dilakukan jika telat suntik kb?

YN Info Penanya: YN, Wanita, 22 Tahun
Hallo dok saya ingin bertanyaSaya telat suntik KB 3 bulan. Untuk suntik lagi saya balik tgl 21 juli tetapi saya telat untuk suntik. Dan saya konsultasi ke bidan katanya harus menunggu menstruasi selama 3x berturut turut. Apakah itu benar?Apa ada solusinya lagi?Terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YN.

Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang digunakan dalam menjalankan program KB (Keluarga Berencana). Metode ini tergolong cukup populer, karena sifatnya yang praktis dan tidak perlu memasukkan alat apapun ke dalam tubuh. Saat ini, ada dua jenis suntik dengan kandungan yang berbeda, yaitu suntik setiap 1 bulan dan 3 bulan. 

Suntik 3 bulan mengandung hormon sintetik progesteron, yang dengan kandungannya dapat mengentalkan lendir rahim serta mencegah pelepasan sel telur. Dengan demikian, kehamilan dapat dicegah. 

Tetapi, karena mengandung hormon sintetik, suntik dapat memengaruhi hormon alami tubuh dan menimbulkan efek samping seperti:

  • Siklus menstruasi yang berubah, memendek, memanjang, atau tidak haid sama sekali
  • Nafsu makan yang bertambah, sehingga berat badan meningkat
  • Emosi yang tidak stabil
  • Nyeri pada payudara dan bagian tubuh lainnya
  • Gairah seksual yang berubah

Terkait kondisi Anda, pada dasarnya, suntik adalah kontrasepsi yang cukup efektif apabila dilakukan secara rutin dan tepat waktu. Apabila Anda terlambat suntik dan sudah melakukan hubungan intim, sebaiknya memang menunggu sampai siklus menstruasi selanjutnya tiba, untuk memastikan bahwa tidak ada kehamilan.

Perihal Anda diminta menunggu menstruasi selama tiga siklus, bisa saja ada pertimbangan lainnya. Tetapi, Anda juga dapat mencari pertimbangan lain dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai hal ini. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.