Telat suntik KB 3 bulan, apakah bisa hamil?

A9 Info Penanya: A9, Wanita
Selamat malam dok , saya harus nya suntik kb yg 3blan pda tanggal 14 april lalu kmrin heid pda tanggal 13 mei lalu tanggal 19 mei baru slesai heid lalu lngsung dipake sama suamiku dok apakah bisa hamil..? Trimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi hormon yang berisi hormon progesteron. KB ini bertujuan untuk mencegahnya kehamilan.

KB suntik akan efektif bekerja jika diberikan pada 5-7 hari pertama dalam siklus haid. Jika baru diberikan ketika lewat dari hari ke 7, maka perlu menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom agar tidak terjadi kehamilan. Sedangkan pada ibu yang baru melahirkan atau menyusui, KB suntik dapat diberikan di minggu ke 6 setelah bersalin. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, Anda mengalai haid di tanggal 13-19 Mei 2020. Lalu, di tanggal 19 Mei Anda berhubungan badan dengan suami Anda. Kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Alasannya adalah karena saat tanggal 19 Mei, itu bukan merupakan masa subur Anda. Sehingga sel telur belum matang dan belum siap dibuahi. 

Karena saat ini Anda telat melakukan suntik KB, maka ke depannya Anda dan suami harus menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom saat berhubungan seks agar tidak terjadi kehamilan. Lalu, saat siklus mens Anda bulan berikutnya datang, Anda harus sesegera mungkin melakukan suntik KB agar Anda saat berhubungan seks dengan suami tidak was-was.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A9
20 May 2020, 23:24
Jdi harus nya berhubungan pda sma subur kpan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
21 May 2020, 11:05
Selamat siang A9.
Jika suntik KB dilakukan sesuai jadwal dan tidak terlambat, maka efektivitasnya sebesar 99%. Namun bila terlambat dan tiadk sesuai jadwal maka peluang kehamilan semakin besar.
Bila Anda terlambat melakukan suntik KB, sebaiknya Anda menggunakan kontrasepsi lain seperti kondom untuk mencegah kehamilan.
Terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HELLP syndrome memang sangat langka, tapi jika tidak waspada, Anda bisa jadi korbannya.

HELLP Syndrome: Apakah Semua Ibu Hamil Berisiko?

HELLP syndrome atau sindrom HELLP adalah gangguan darah dan organ hati pada ibu hamil (bumil) yang seringkali dikaitkan dengan preeklamsia. Jika tidak ditangani, HELLP syndrome bisa mengancam nyawa.