07 Aug 2021, 18:15Kandungan

Apakah telat suntik KB potensi tinggi hamil?

RK
Info Penanya: RK0
Assalamualaikum..dok,saya telat suntik KB 3 bulan 2 hari,tapi selama suntik KB saya belum pernah haid,dan selama telat suntik saya belum pernah berhubungan.apa kemungkinan besar bisa hamil dok?sedangkan selama telat suntik saya belum dapat haid.
161 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RKTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB memiliki jenis 1 bulan dan 3 bulan dimana perbedaannya ada pada kandungan hormon pada KB tersebut.  Kerjanya sama-sama menhambat sperma masuk ke rahim dan menghambat perlekatan dinding rahim sehingga tidak ada perkembangan janin. 

Yang perlu diketahui pada pengguna suntik KB :

  • Usahakan tidak telat KB karena suntik KB yang tidak teratur dapat menyebabkan penurunan efektivitas KB dan meningkatkan potensi kehamilan.
  • Menggunakan kondom atau tunda hubungan di 7 hari pertama pasca suntik KB karena efek kerja KB setelah suntik butuk waktu 5-7 hari.
  • Kemungkinan hamil 1-2% karena tidak ada KB yang 100% cegah kehamilan.
Tidak haid saat pakai suntik KB sebenarnya wajar karena salah satu efek samping suntik KB adalah ganggu siklus haid, bisa tidak haid sama sekali, haid jarang ataupun haid banyak dan lama.  Lalu jika telat suntik KB dan belum hubungan intim maka segera lakukan suntik KB agar rahim terlindungi dan kehamilan dapat dicegah.  Asalkan belum ada hubungan intim saat telat suntik maka kemungkinan hamil kecil sekali.Untuk kedepannya, anda dapat catat jadwal suntik KB di kalender, handphone, dan beritahu orang rumah sehingga dapat diingatkan sehingga tidak sempat telat suntik kembali. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil