30 Dec 2020, 22:56Kandungan

Apakah telat suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan hamil ?

TM
Info Penanya: TM0
Dok saya mau tanya,harus nya saya suntik kb 3bulan itu tanggal 23,tp saya lupa, tgl 26 saya suntik kb tpi malem nya sebelum suntik itu saya berhubungan dulu,trus besoknya saya coba test pack tp negatif,,apa kemungkinan saya hamil apa tidak ya?
2372 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, T.Penggunaan alat kontrasepsi ulang memang kadang membuat lupa penggunanya, terlebih jika perempuan menggunakan alat kontrasepsi pil KB yang harus diminum pada waktu yang sama di setiap harinya. Lupa mencatat tanggal, atau catatan suntik KB baik 1 bulan maupun 3 bulan yang tidak tahu ditaruh dimana, membuat perempuan lengah dan tidak suntik KB. Padahal suntik KB yang sesuai tanggal seharusnya, tidak dapat mencegah kehamilan 100 % berhasil, terlebih jika wanita telat suntik KB.

Apakah telat suntik KB 3 bulan dapat menyebabkan hamil ?

KB suntik 3 bulan adalah jenis alat kontrasepsi yang mengandung hormon progestin. Hormon progestin ini dapat mencegah terjadinya ovulasi, dengan menghambat sel telur. Suntik KB 3 bulan juga mengentalkan saluran reproduksi wanita, sehingga sperma sulit masuk dan bertemu sel telur yang telah matang. Selain itu, suntik KB 3 bulan menipiskan dinding rahim yang dipersiapkan untuk proses implantasi janin. Suntik KB 3 bulan memang efektif mencegah kehamilan, dan lama untuk membuat wanita subur kembali karena pengaruh hormon yang ada mengganggu siklus menstruasi. Namun karena tidak dapat mencegah kehamilan seutuhnya, maka saat perempuan lupa jadwal untuk suntik KB, sebaiknya perempuan atau laki-laki menggunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom.

Kapan boleh berhubungan setelah suntik KB 3 bulan ?

Baik suntik KB 1 bulan maupun 3 bulan, membutuhkan waktu untuk melakukan kerja di dalam tubuh. Proses kerja hormon ini berbeda-beda di tiap wanita. Sebaiknya Anda menunda untuk berhubungan seksual 1 minggu setelah penyuntikan. Anda juga harus memastikan diri dalam keadaan tidak hamil sebelum menggunakan alat kontrasepsi.Jika setelah berhubungan seksual ini Anda mengalami telat haid, terlebih diikuti gejala seperti wanita hamil yaitu, rasa tidak enak diperut dan rasa mual serta muntah, terutama memberat saat pagi hari, rasa ingin berkemih secara terus menerus, perubahan mood yang naik turun, keram pada perut diikuti keluarnya flek kecoklatan, dan perubahan payudara seperti payudara menjadi lebih sensitif dan lebih menghitam pada puting serta aerola, lakukan pemeriksaan urin menggunakan alat tes kehamilan ataupun periksa secara langsung ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
manfaat hubungan seksmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil