19 Nov 2020, 15:09Kandungan

Telat suntik kb 3 bulan apakah bisa berpotensi hamil?

EM
Info Penanya: EM, Wanita0
Sore dok.. Saya mau tanya, terakhir saya suntik kb 3 bulan yaitu mei 20 dan mulai bulan juli saya haid.. Kmrin tgl 8 nov 20 saya baru suntik kb 3 bulan dan tgl 17 nov saya berhubungan dan di keluarkan di dalam.. Apakah itu bisa berpotensi hamil dok ? Makasih
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam EM,KB suntik 3 bulan adalah salah satu metode KB yang banyak digunakan karena penggunaannya mudah dan juga efektif. Suntik KB 3 bulan sendiri perlu diulang tiap 12 minggu sekali agar perlindungan tetap efektif.Jika terlambat suntik KB tapi belum berhubungan seksual, lalu sudah suntik KB dan lebih dari 1 minggu kemudian baru berhubungan seksual maka kemungkinan bisa hamil kecil. Jika terlambat suntik tapi langsung berhubungan seksual kurang dari 7 hari setelah hari penyuntikan maka kemungkinan hamil bisa lebih besar.Apabila terasa ragu bisa coba lakukan pemeriksaan testpack jika di siklus berikutnya tidak menstruasi atau terlambat menstruasi. Untuk berikutnya bisa mencoba membuat pengingat agar tidak terlambat suntik KB.

Pilihan metode kontrasepsi lain

Anda juga bisa mencoba memilih alat kontrasepsi lain seperti KB implan atau KB suntik yang memiliki masa perlindungan panjang hingga 3-5 tahun dan tidak perlu disuntikan berulang, jadi kemungkinan terlambat haid bisa dihindari. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil