12 Nov 2020, 14:53Kandungan

Telat suntik KB, haid tidak teratur, apa bisa hamil?

HL
Info Penanya: HL0
Dok,,saya mau tnya sya suntik kb 3 bulan tpi q telat 2 mnggu suntik kb,,slsm q suntik kb 3 bulan ni haid q cmn sdkit dan kadang gak haid...apakah bisa hamil q dok krna telat suntik kb 3 bulan,,q worry dok anakm masih 8 bualan takut kebobolan lagi..terimaksih
460 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, HTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang kerap digunakan oleh masayarakat Indonesia karena efektivitasnya dalam mencegah kehamilan yang mencapai 99% jika dilakukan sesuai jadwal yang telah di tentukan. Semakin tidak rutin, maka peluang ntuk terjaid kehamilan semakin besar karena efektivitas dari penggunaan suntik KB dalam mencegah kemailan menurun. 

Perlu diketahui, beberapa kekurangan suntik KB adalah:

  • Siklus haid yang tidak lancar, bisa tidak ahid sama sekali atau adanya perdarahan diluar siklus haid
  • Timbulnya jerawat
  • Berat badan meningkat
  • Nyeri kepala, payudara dan area sekitar perut
  • Jika ingin subur kembali, membutuhkan waktu yangrelatif lama setelah berhenti dari penggunaan suntik KB
Terkait dengan pertanyaan Anda, siklus haid yang tidak lancar bisa terjadi karena efek dari pengguaan suntik KB. Selain itu bisa juga disebabkan karena kelelahan, stres, emosi yang tidak stabil, gangguan hormon atau karena kondisi medis pada kesehatan organ reproduksi wanita. Sedangkan untuk kemungkinan hamil, bisa saja terjadi jika Anda sering suntik KB yang terlambat atau tidak sesuai jadwal. Oleh karena itu, usahakan pada jadwal suntik KB berikutnya Adan melakukannya sesuai jadwal yang ditentukan. Selain itu, perlu melakukan tes kehamilan terlebih dahulu sebelum melakukan suntik KB untuk memastikan bahwa Anda sedang tidak hamil.Atasi stres, hindari kelelahan, lakukan sitirahat cukup, konsumsi makanan yang sehat bergizi, minum air putih cukup, jaga kebersihan area kemaluan dan lakukan olahraga rutin agar tubuh tetap sehat dan siklus haid lancar. Periksakan diri Anda jika terdapat keluhan terkait kesehatan organ kewanitaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidkehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil