Telat suntik KB 17 hari, apakah bisa hamil?

A Info Penanya: A
Dok sya mau tnya,sya biasa suntik kb yg 3bln,cmn krn kmren2 bnyk krjaan jdi lpa telat suntik lgi smpe 15 hari,dan selama itu sya sdh berhub dgn suami stlh hari ke 17 nua sya ke bidan utk suntik lgi,tpi bidan menolak nyuntik sya,mlhan sya disuruh tes pack gtu...apakh sya hamil dok,knp disuruh tes gtu,memang sya blm sempat tes dok...cmn sya ngerasa mual2,enek,g enk badan dan rasanya pingin tdr terus gtu dok...apakh cmn telat 17 hari lepas kb sya bsa langsg hamil gtu dok...terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Suntik adalah salah satu metode yang cukup populer digunakan pada program KB (Keluarga Berencana), karena suntik tergolong praktis, tidak seperti pil yang harus diminum setiap hari. Selain itu, suntik juga tidak perlu memasukkan alat ke tubuh, seperti implan atau IUD.

Efektivitas suntik tergolong cukup tinggi apabila dilakukan secara teratur, yakni sekitar 99%, yang artinya kemungkinan untuk hamil sangatlah kecil. Apabila ada keterlambatan, maka kesuburan akan berangsur-angsur pulih, dan seorang wanita mungkin hamil kembali.

Oleh karena itu, tindakan bidan untuk meminta Anda melakukan testpack ketika Anda terlambat suntik adalah wajar, karena kemungkinan hamil memang ada. Dan apabila benar hamil, tidak disarankan untuk melakukan suntik kembali, ya.

Jadi, silakan lakukan uji kehamilan mandiri di rumah. Apabila hasilnya negatif, Anda dapat kembali ke bidan atau fasilitas kesehatan lain yang juga melayani suntik, agar dapat dilakukan. Ke depannya, pastikan tidak terlambat lagi, dan usahakan luangkan waktu beberapa jam saja untuk suntik, agar perencanaan kehamilan dapat berjalan efektif.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi langsung kepada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.