07 Feb 2021, 10:23Kandungan

Suntik KB rutin tetapi tidak haid, kenapa?

TA
Info Penanya: TA0
Hallo dok saya mau tanya saya KB 1 bulan tpi sdah 4 bulan saya tidak haid telahir haid bulan 11 tgl 15 trus saya langsung berhubungan sedangkan suntik KB tgl 22 gi mna ya dok tpi selama 4 bulan ini saya tetap melakukn suntik 1 bulan
381 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaPenggunaan suntik KB cukup efektif bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Bahkan, efektivitas dari penggnaan suntik KB dalam menunda kehamilan mecapai 99%, sehingga hanaya ada kemungkinan kecil yaitu 1% untuk terjadi kehamilan. Efektivitas yang baik ini tentunya terjadi saat suntik KB dilakukan dengan rutin dan sesuai dengan jdwal yang ditentukan.

Adakah kekurangan suntik KB?

Walaupun sangat efektif suntik KB juga mempunyai beberpa kekurangan, seperti:

  • Siklus haid yang tidak lacnar, bisa berhenti tottal, atau terjadi perdarahan diluar siklus haid
  • Tidak bisa melindungi diri Anda dari terinfeksi penyakit menular seksual
  • Tumbuhnya jerawat di kulit
  • Nafsu makan yang meningkat
  • Berat badan bertambah
  • Nyeri pada area suntikan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila Anda melakukan suntik KB dengan rutin, siklus haid yang tidak lancar juga bisa karena efek dari penggunaan suntik KB. Selain itu kondisi stres, cemas, kelelahan, gangguan hormon atau bahkan adanya penyakit lain pada organ reproduksi juga bisa mempengaruhi siklus haid Anda. Bila ada riwayat melakukan hubungan seksual dan Anda cemas akan terjadinya kehamilan, sebaiknya Anda melakukan tes pack terlebih dahulu sebelum melakukan suntik KB pada periode berikutnya untuk lebih memastikan.Konsumsi makanan bergizi, jaga keberishan serta kesehatan organ reproduksi Anda, hindari melakukan seks bergonta ganti pasangan, jag aberat badan Anda tetap ideal, konsumsi sayur dan buah,s erta olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Periksa ke dokter spesialis kandungan bila ada keluhan terkait pemakaian KB.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
siklus haidhaidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil