22 Jan 2021, 21:42Kandungan

Serba-serbi keterlambatan haid

PF
Info Penanya: PF, Wanita, 24 Tahun
saya ingin tau penyebab telat haid smpy 20 hari apo itu normal,dan sya blm nikah atau pun sek.cpe tidur larut mlm,brat bdan me nurun.setres bnyak pikiran apa itu pengngaruh. yg jwab jngn sm sprti yg lain dok ter.
190 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, PF.Mengenai pertanyaan Anda, terlambat haid sampai dua puluh hari tentu saja merupakan hal yang tidak normal. Perlu diketahui bahwa keterlambatan haid adalah suatu masalah yang cukup sering menjadi keluhan kaum wanita, baik mereka yang sudah menikah maupun belum.

Hubungan Kebiasaan dan Terlambat Haid

Mari membahas satu per satu kebiasaan Anda dan kaitannya dengan keterlambatan haid:

1. Tidur Larut Malam

Pada saat tidur, ada beberapa hormon tubuh yang diproduksi. Apabila sering tidur larut, maka kualitas tidur akan berkurang, sehingga produksi hormon akan kurang optimal. Hal ini memicu ketidakseimbangan hormon tubuh, yang nantinya dapat memengaruhi siklus haid.

2. Berat Badan Menurun

Saat terjadi penurunan berat badan, berarti kalori yang masuk lebih sedikit daripada kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh. Nah, apabila ada kekurangan kalori, maka secara alami tubuh akan merespon untuk menghentikan atau menunda proses-proses yang kurang penting, salah satunya adalah memperlambat haid. Hal ini dilakukan agar fungsi organ yang lebih vital seperti jantung dan paru dapat berlangsung dengan baik.

3. Banyak Pikiran dan Stres

Rasa khawatir, cemas, dan stres berlebihan dapat memicu peningkatan hormon kortisol pada tubuh. Nah, hormon kortisol juga memiliki pengaruh terhadap hormon reproduksi yang mengatur proses haid. Oleh karena itu, haid dapat terlambat.

Apa yang Harus Dilakukan?

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan hal-hal tersebutlah yang menjadi penyebab keterlambatan haid Anda. Untuk itu, disarankan agar Anda mencoba mengubah kebiasaan tersebut dengan cara:
  • mulai tidur pukul 9-10 malam
  • redupkan lampu sekitar dua jam sebelum waktu tidur, dan pastikan kondisi kamar tidak berisik
  • mengonsumsi makanan sehat yang tinggi protein, vitamin, dan mineral
  • melakukan yoga atau meditasi
  • bercerita kepada teman dekat atau saudara untuk mengurangi stres
Apabila dengan cara-cara di atas haid tetap tak kunjung datang, konsultasikan keluhan Anda kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil