29 Dec 2020, 04:27Kandungan

Suntik KB rutin, kenapa haid tidak lancar?

YA
Info Penanya: YA0
Dok, saya mau tanya saya kan ikut KB suntik yang sebulan sekali, suami saya perantauan, 2 Minggu sebelum suami pulang saya sudah suntik karna sudah waktunya, tapi sekarang sudah jadwalnya haid tapi belum haid juga, perut rasanya sesak dan sering sakit itu knp ya dok?
314 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaPenggunaan suntik KB yang dilalukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan terbukti cukup efektif dalam mencegah kehamilan. Bhakan efektivitasnya bisa mencapai 99%, tetapi bila sering terlambat atau tidak sesuai dengan jadwal maka efektiviats dari suntik KB ini akan menurun.

Beberapa kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Membutuhkan waktu relatif lama setelah berhenti suntik KB bila berencana hamil atau subur kembali setelah 
  • Siklus haid tidak lancar atau tidak teratur
  • Meningkatnya nafsu makan
  • Sakit kepala, nyeri area payudara
  • Nyeri pada area suntikan
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, bila Anda rutin melakukan suntik KB sesuai dengan jadwal yang ditentukan, maka manfaat dan efektivitas dari suntik KB tetap terjaga. Tapi, bila Anda ragu terjadi kehamilan, Anda bisa lakukan tes kehamilan utnuk memastikan. Terlambat haid selain karena pengaruh penggunaan KB, juga bisa terjadi karena stres, berat badan tidak ideal, kelelahan, ketidakseimbangan hormon di tubuh atau karena adanya penyakit lain pada organ reproduksi. Keluhan perut sesak dan sakit adalah keluhan yang tidak spesifik untuk kehamilan, karena kondisi tersebut bisa juga terjadi karena danya masalah kesehatan terkait denagn saluran pencernaan, nyeri otot perut, premenstrual syndrome, atau karena kondisi medis lain. Tetap konsumsi makanan sehat bergizi, konsusmi buah, konsumsi sayur, istirahat cukup, atasi stres, dan olahraga rutin agar badan tetap sehat. Bila keluhan tidak juga membaik, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil