20 Aug 2020, 21:51Kandungan

Lepas KB belum haid, kenapa?

MP
Info Penanya: MP0
Dok saya mau tanya,saya sudah lepas KB semenjak 30 Mei,nyampe sekarang saya belum haid,tapi pas di tes gak hamil,kenapa ya ?
7705 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaKB merupakan suatu program pemerintah untuk menekan angka kelahiran. Agar behasilnya program KB, diperlukan berbagai macam alat kontrasepsi. Beberapa alat kontrasepsi yang bersifat hormonal seperti suntik KB, pil KB, KB implan dan lain sebagainya dapat mempengarhui siklus haid. Suntik KB merupakan salah satu contoh KB hormonal yang paling kerap digunakan. Walaupun bila dilakukan secara rutin dan terjadwal, efektifitasnya dalam mencegah kehamilan mencapai 99%, suntik  KB ini memiliki berbagai kekurangan. 

Adapun kekurangan dari suntik KB diantaranya yaitu:

  • Siklus haid tidak lancar 
  • Jika ingin hamil kembali, membutuhkan penyesuaian waktu yang relatif lebih lama bisa beberapa bulan bahkan beberapa tahun
  • Menyebabkan iritasi dan bengkak pada ara suntikan
  • Menimbulkan jerawat, nyeri perut, nyeri kepala dan juga nyeri pada area payudara
  • Naiknya berat badan
Terkait dengan keluhan Anda, walaupun sudah berhenti suntik KB sejak bulan Mei kemungkinan efek yang ditimbulkan dari suntik KB masih mempengaruhi hormonal Anda. Sehingga, siklus haid belum kembali lancar. Selain karena kehamilan dan efek samping dari penggunaan KB, beberapa kondisi seperti stres, obesitas, dan gangguan lain pada organ reproduksi wanita juga bisa mempengarhui siklus haid Anda.Beberapa saran sementara yang bisa Anda lakukan adalah:
Jika siklus haid masih tidak lancar, segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil