10 Aug 2021, 06:43Kandungan

Telat minum pil kb setelah itu hubungan, apa bisa hamil?

DS
Info Penanya: DS0
Hallo dok, saya mau tanya. Saya ketiduran dan lupa minum pil kb 7 jam dr wktu biasanya. Saat bngun suami mngjak brhubungan dan saya ingat belum minum pil kb dr jdwal biasanya. Kemudian saya minum 1 pil yg terlupa itu, satu jam kemudian saya brhubungan. Apakah kemungkinan saya bisa hamil ya? Sebelumnya saya tidak pernah lupa minum setiap jam 7 malam.
180 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo D,Aktifitas seksual pasti memiliki beresiko terjadi kehamilan, resiko ini pun akan meningkat jika anda melakukan hubungan seksual saat masa subur. Untuk pil kb rutin yang terlambat diminum, tentu efektifitasnya akan menurun dibandingkan jika pil diminum rutin sesuai jam secara teratur. Untuk amannya jika Anda merasa hubungan tersebut terjadi saat masa subur anda sebaiknya lakukan proteksi lebih dengan mengkonsumsi pil kb darurat.

Bagaimana jika terlambat minum pil KB

Untuk lain waktu jika terjadi lupa minum pil KB lagi, sebaiknya hubungan dilakukan dengan menggunakan kondom atau ejakulasi dikeluarkan di luar vagina. Lupa konsumsi pil KB selama 7jam sebenarnya masih cukup aman dibandingkan dengan lupa minum lebih dari 24jam. Anda boleh tetap lanjut KB seperti biasanya, namun jika setelah hubungan tersebut jadwal haid anda terlambat, lakukanlah pemeriksaan test pack.Jika haid tepat waktu, tes tidak perlu dilakukan dan jika terlambat tapi tes negatif, konsumsi pil KB boleh dilanjutkan. Jika ternyata Anda mengalami terlambat haid dan tes pack positif, hentikan konsumsi pil kb dan lakukan konsultasi ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualtes kehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil