Bolehkah terlambat minum ARV?

SN Info Penanya: SN, Pria, 19 Tahun
Dok saya odha dan obat saya jenis tenov, lamivudine, evafirenz 1 kali sehari.. dan saya telat 2 jam setengah dok..tapi sya lngsung minum begitu saya bangun apakah hal ini mengakibatkan resistansi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SN,

ODHA atau orang dengan HIV AIDS adalah orang-orang yang berdasarkan hasil pemeriksaan sudah mengandung HIV (Human Immunodeficiency Virus) di dalam tubuhnya, dimana bila virus ini tidak segera diobati akan semakin cepat berkembang biak dan menjadi AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Namun sayangnya sampai saat ini belum ditemukan obat-obatan yang dapat benar-benar mematikan virusnya, obat-obat ARV (antiretroviral) hanya mencegah agar virus tidak cepat berkembang biak dan diharapkan AIDS terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bila tidak ditangani dengan baik, maka HIV akan berubah menjadi AIDS dalam jangka waktu 10 tahun, dimana berbagai keluhan akan semakin muncul seperti demam, mudah diare, sering sariawan, penurunan berat badan yang semakin drastis, hilang napsu makan, sering batuk-batuk yang sering berakhir pada infeksi TBC karena virus ini akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

Bagi orang yang menderita HIV wajib meminum obat ARV secara rutin, bila Anda sempat lupa beberapa jam, maka segera minum obatnya begitu Anda ingat. Perihal resistensi tidaknya ARV bila dikonsumsi telat waktu, maka Anda tidak perlu cemas, karena Anda sudah meminum 3 macam obat ARV dan kembali lagi prinsipnya adalah obat-obatan hanya berusaha mencegah virus berkembang biak, bukan mematikan secara total. Selain berpatokan pada kerutinan meminum ARV, Anda juga penting menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan secara teratur, perbanyak konsumsi sayur, buah, dan protein, cukup tidur jangan begadang, serta olahraga secara teratur, dan jangan stres. Dan lakukan kontrol rutin ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih bila timbul gejala baru.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HIV tidak akan menular apabila bertukar alat makan dan berpelukan dengan penderita HIV

7 Mitos Seputar HIV dan AIDS yang Menyesatkan

HIV dan AIDS masih tabu dibicarakan di masyarakat. Hal itu memicu munculnya mitos-mitos yang tidak sesuai dengan fakta dan menyesatkan. Beberapa mitos tentang HIV dan AIDS yang berkembang, antara lain penularan HIV terjadi apabila bersentuhan dengan penderita dan pasangan penderita HIV boleh berhubungan seks tanpa kondom.