23 May 2021, 22:32Kandungan

Telat menstruasi pada masa pubertas

RA
Info Penanya: RA0
Dok saya masih remaja dan sedang pada masa pubertas, saya dapati menstruasi pertama 8 bulan lalu, tapi 3 bulan ini saya tidak mens namun setiap bulannya merasakan tanda' atau gejala-gejala menstruasi. Dan malahan setiap hari selalu keluar keputihan. Takutnya saya jadi tidak subur Apakah ini normal dok? Atau itu gejala penyakit tertentu?
53 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Sore RA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Masa pubertas merupakan masa peralihan dimana terjadi masa peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa. Masa pubertas merupakan masa perubahan dimana organ reproduksi juga berubah menjadi matang. Pada masa ini, haid masih belum matang masih bisa di katakan normal. Karena organ reproduksi masih dalam proses perkembangan.

Beberapa kemungkinan penyebab lain terlambat haid :

  • Stres
  • Berat badan berlebihan atau berat badan kurang
  • Kelelahan aktifitas fisik
  • Penyakit organ reproduksi seperti myoma dan PCOS
  • Gangguan hormon seperti tiroid
Keputihan juga sebenarnya merupakan hal yang normal di alami setiap wanita. Keputihan berfungsi menjaga pH agar tetap normal dan juga menjaga kelembapan vagina. Keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak berwarna, tidak berbau dan berjumlah sedikit. Jika ada perubahan warna menjadi kuning, hijau, atau kecoklatan, berbau amis, tidak sedap, dan berjumlah banyak. Keputihan juga bukan merupakan tanda kesuburan, sehingga tidak ada hubungannya keputihan banyak ataupun sedikit. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait haid, Anda dapat menghubungi dokter kandungan terdekat dari lokasi Anda atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil