10 Mar 2021, 21:48Kandungan

Terakhir haid 21 Januari, dan saat ini terasa seperti akan haid

DN
Info Penanya: DN, Wanita, 18 Tahun
dok saya baru 18 tahun, terakhir kali haid tgl 21 januari dan sampai saat ini belum haid lagi dok. tapi perut saya terasa nyeri seperti ingin haid, itu kenapa ya dok?
176 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, DN.Haid adalah proses keluarnya darah dari liang vagina. Penyebab haid adalah sistem hormon tubuh yang meluruhkan dinding rahim, karena tidak ada pembuahan atau kehamilan yang terjadi. Siklus haid akan berulang mulai dari usia remaja hingga usia lanjut, normalnya setiap 21-35 hari, bervariasi pada tiap-tiap individu.Apabila terakhir haid 21 Januari dan sampai tanggal Anda mengajukan pertanyaan (10 Maret) belum haid lagi, maka jaraknya sudah lebih dari 35 hari. Ini menandakan ada ketidakseimbangan hormon pada tubuh Anda.Tapi, apabila saat ini sudah mengalami gejala-gejala seperti akan haid (pre-menstrual syndrome), seperti nyeri perut, maka Anda dapat mencoba menunggu hingga haid tiba. Pre-menstrual syndrome biasanya terjadi 1-2 minggu sebelum haid, jadi Anda dapat mencoba menunggu hingga 14 hari ke depan.Apabila sampai waktu tersebut belum juga haid, coba seimbangkan hormon tubuh dengan cara-cara berikut:
  • konsumsi air rebusan kunyit dan kayu manis tanpa gula
  • konsumsi sayur minimal setengah piring setiap makan
  • olahraga 3-4 kali per minggu
  • tidak begadang dan tidur 7-9 jam pada malam hari
Apabila sudah melakukan hal tersebut tapi tak juga haid hingga tiga bulan berturut-turut, periksakan kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil