22 Nov 2020, 00:36Kandungan

Terlambat haid bulan November, tapi terakhir berhubungan bulan Juli

AR
Info Penanya: AR0
mau tanya klau terakhir melakukan hubungan tgl 23 juli. tp saya bulan agustus september oktober masih menstruasi. untuk bulan november kok belum menstruasi kenapa ya dok?
55 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AR.Apabila terakhir berhubungan bulan Juli, dan setelah itu masih mengalami menstruasi selama tiga bulan berturut-turut, maka keterlambatan haid pada bulan November bukan disebabkan oleh kehamilan. Kemungkinan ada penyebab lainnya yang menyebabkan keterlambatan haid tersebut, misalnya penggunaan alat kontrasepsi, konsumsi jenis obat tertentu, ketidakseimbangan hormon, gangguan tiroid, atau gaya hidup yang tidak sehat.Namun, perlu diketahui terlebih dahulu berapa lama keterlambatan haid yang Anda alami saat ini. Pasalnya, bulan November baru berjalan selama 22 hari, dan masih ada 8 hari yang belum dilalui. Apabila pada bulan Oktober haid Anda datang pada akhir bulan, maka Anda dapat menunggu terlebih dahulu hingga akhir November.Anda juga disarankan melakukan beberapa hal dalam keseharian yang dapat menyeimbangkan hormon:
  • mengonsumsi buah dan sayur-mayur yang cukup
  • jaga berat badan ideal
  • tidur 7-9 jam pada malam hari
  • rutin melakukan olahraga 3-4 kali per minggu
  • kelola stres dengan melakukan yoga dan meditasi
Apabila telah melakukan hal-hal di atas namun haid tak kunjung datang selama tiga bulan berturut-turut, periksakan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, guna dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidkehamilanhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil