06 Nov 2020, 00:26Kandungan

Nyeri saat menstruasi dan jadwalnya terlambat 2 minggu

NM
Info Penanya: NM0
permisi dok, saya mau nanya, saya berusia 17 tahun , disaat menstruasi saya sering merasakan sakit perut yang keram sekali sampai mual² dan muntah , terakhir menstruasi tanggal 25 september, dan sekarang saya malah telat haid sudah hampir 2 minggu ini kenapa ya dok??padahal saya blm pernah melakukan hubungan intim, mohon bantu jawaban nya ya dok terima kasih
207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, NMJ.Nyeri saat menstruasi dalam bahasa medis dikenal dengan istilah dismenore. Kondisi ini cukup sering dialami oleh kaum wanita. Pasalnya, saat menstruasi, dinding rahim luruh sehingga menimbulkan sensasi kram atau nyeri ringan.Tetapi, apabila nyeri sangat berat bahkan hingga mual, muntah, atau tak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, dikhawatirkan ada gangguan rahim yang dapat menjadi penyebabnya. Beberapa di antaranya adalah:
  • endometriosis
  • adenomiosis
  • mioma atau tumor jinak
  • pelvic inflammatory disease
Sedangkan terlambat menstruasi adalah kondisi tidak wajar, karena wanita sehat akan mengalami menstruasi yang berulang secara teratur setiap 21-35 hari. Apabila menstruasi mengalami keterlambatan, berarti ada gangguan sistem hormon tubuh yang dapat dipicu oleh berbagai penyebab seperti stres, kelelahan, penggunaan kontrasepsi, penyakit rahim tertentu, atau obesitas.Untuk itu, ada baiknya Anda menyampaikan keluhan-keluhan ini kepada orangtua agar dapat didampingi untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG, kemudian akan diberikan penanganan yang tepat dan sesuai berdasarkan penyebabnya.Selain pengobatan, beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan dirumah adalah:
  • mengonsumsi makanan yang baik bagi sistem hormon, seperti yang mengandung lemak sehat dan protein
  • olahraga rutin 3-4 kali per minggu
  • tidur cukup 7-9 jam per hari
  • konsumsi air rebusan kunyit untuk meringankan nyeri haid
Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil