Telat menstruasi setelah berhubungan seksual, apakah hamil?

RD Info Penanya: RD
dok bulan juli lalu saya berhubungan pada tanggal 7 dan 8 ( sehari setelah selesai haid. haid dimulai tanggal 1 sampai 5 juli), lalu minum postinor dan menstruasi bulan agustus tanggal 1, lalu saya berhubungan kembali tanggal 10 dan 11 agustus ( 3 hari setelah haid. haid dimulai tanggal 1 sampai 6), semua dilakukan tanpa pengaman dan ejakulasi diluar. lalu minum postinor. tapi mengapa bulan september (sekarang tanggal 7) ini saya belum haid ya? tercatat di aplikasi saya sudah telat 3 hari.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan terjadi ketika adanya pembuahan, yaitu bertemunya sel telur wanita dengan sel sperma pria. Untuk itu melakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina akan mempermudah bertemunya sel telur dengan sperma yang kemudian akan terjadi kehamilan. 

Masa subur seorang wanita bisa ditentukan dengan mengetahui siklus haidnya. Normalnya siklus haid wanita adalah 21 -35 hari, dengan rata-rata wanita bersiklus 28 hari. Jika siklus haid Anda 28 hari, masa subur terletak sekitar 2 minggu sebelum Anda haid kembali.

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila setelah Anda melakukan hubungan seksual langsung mengonsumsi pil KB darurat, maka kondisi ini bisa mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu, Anda melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di luar vagina. Namun, perlu dipastikan bahwa tidak ada cairan pre ejakulasi yang masuk ke vagina. Karena, dikahwatirkan cairan tersebut mengandung sperma yang dapat menyebabkan kehamilan.

Untuk memastikan alangkah baiknya lakukan tes kehamilan karena siklus haid Anda mengalami keterlambatan. Jika dihitung siklus haid Anda dari tanggal 1 Agustus 2020 sampai hari ini (8 September 2020) sudah 39 hari. 

Selain karena kehamilan, beberapa kemungkinan penyebab terlambatnya siklus haid Anda adalah:

  • Stres dan atau kelelahan
  • Adanya gangguan hormonal
  • Efek samping dari peggunaan obat, termasuk pil KB, suntik KB
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi wanita
  • Obesitas
  • PCOS

Agar siklus haid lancar, hindarilah stres, beristirahat dengan cukup, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan berolahraga dengan rutin. Bila beberapa saran sudah dilakukan namun siklus haid masih belum juga lancar, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

 

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya menjilat vagina

Bahaya Menjilat Vagina yang Perlu Diketahui Pria

Menjilat vagina adalah bagian dari seks oral yang biasanya dilakukan oleh pasangan suami-istri. Jangan salah, kegiatan ini dapat menyebabkan infeksi menular seksual.