Telat menstruasi dan rasa nyeri di ulu hati

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Dok saya mau bertanya, saya sudah telat menstruasi 1 minggu, tetapi saya merasakan sudah muncul tanda-tanda menstruasi namun belum menstruasi juga sampai sekarang, ditambah lagi ada rasa nyeri dibagian uluhati saya dan saya merasa seperti masuk angin, riwayat saya sudah berhubungan intim dan usia saya 19 tahun, besar harapan saya untuk dokter menjawabnya terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Terlambat menstruasi disebabkan oleh adanya gangguan hormon tubuh, yang bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti pola hidup (makan tidak sehat, tidur larut malam, malas bergerak, olahraga yang terlalu diforsir), kondisi stres, penyakit rahim tertentu (PCOS, kista ovarium), penyakit lain (gangguan tiroid, obesitas), konsumsi jenis obat-obatan tertentu, serta tanda awal kehamilan.

Sedangkan rasa nyeri di bagian ulu hati bisa merupakan tanda awal kehamilan juga. Selain itu, kondisi gangguan pencernaan pasca konsumsi makanan yang pedas atau asam, maag, atau GERD, juga dapat memicu nyeri pada ulu hati.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua keluhan Anda bisa memiliki keterkaitan ataupun tidak. Agar lebih jelas, ada baiknya Anda melakukan testpack terlebih dahulu, karena tanda-tanda awal kehamilan seringkali mirip dengan pre menstrual syndrome. 

Apabila hasilnya negatif, Anda dapat mengulanginya satu minggu kemudian. Apabila masih negatif juga, kemungkinan besar Anda tidak hamil, dan mengalami salah satu pemicu gangguan hormon seperti yang telah dijabarkan sebelumnya.

Tetapi, apabila positif, segera lakukan USG konfirmasi di dokter spesialis kandungan. Lalu, jagalah kehamilan baik-baik dengan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan mengelola stres dengan melakukan yoga atau meditasi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
26 Aug 2020, 10:33
Terimakasih dok atas jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Aug 2020, 12:06
Selamat siang,
Terimakasih kembali, semoga bermanfaat ya..
Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, dapat bertanya kembali melalui forum maupun menggunakan aplikasi SehatQ dengan fitur tanya dokter langsung.
Salam Sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil

Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Ibu Hamil dan 7 Jenis Makanan Lainnya

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil. Lantas, apa saja makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi?