Telat menstruasi disertai sakit pinggang, karena apa ?

SU Info Penanya: SU
Dok saya mau nanya dok. Kenapa saya telat menstruasi ya dok. Bulan kemarin saya menstruasi tanggal 17 Juni, tapi haidnya ga lancar dok. Terus sampai sekarang belum menstruasi. Dan sekarang pinggang saya sakit dok, itu kenapa ya? Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, I.

Telat menstruasi merupakan keadaan yang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Terdapat berbagai macam faktor yang umumnya berhubungan dengan hormon pengatur siklus menstruasi dimana apabila telah memicu ketidakseimbangan hormon tersebut dapat berdampak pada gangguan menstruasi seperti keterlambatan. 

Adapun faktor-faktor tersebut yang meliputi :

  • obesitas atau sebaliknya, terlalu kurus
  • kelelahan
  • konsumsi obat tertentu seperti Pil KB dan obat lainnya
  • stres, kecemasan dan kondisi mental yang sedang labil
  • kondisi medis tertentu, seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS, hingga gangguan kelenjar tiroid

Mengenai keterlambatan menstruasi Anda, dapat terjadi akibat salah satu faktor diatas. Namun perlu diperiksakan lebih lanjut untuk memastikan tidak adanya penyakit tertentu yang mendasari. Sedangkan nyeri pinggang yang dirasakan mungkin berhubungan dengan gejala pramenstrual yang terjadi lebih lama karena adanya menstruasi yang tidak lancar.

Untuk sementara Anda dapat melakukan cara yang alami untuk membantu megatasi keluhan mestruasi tidak lancar Anda dengan berolah raga secara teratur, mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta konsumsi bubuk kayu manis. Anda juga bisa berjemur untuk mendapatkan manfaat vitamin D guna mengurangi gejala pramestrual yang Anda alami. Jika keluhan telat menstruasi melebihi 3 siklus, ada baiknya untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berenang saat haid justru aman dilakukan karena tekanan dari air kolam akan menghentikan aliran darah menstruasi untuk sementara

Ini Alasan Mengapa Berenang Saat Haid Bukan Masalah

Tak perlu ragu berenang saat haid. Tekanan dari air kolam justru menghentikan aliran darah haid sementara.