Sudah minum postinor apa masih bisa hamil?

SU Info Penanya: SU
Selamat siang dok..... Aya mau tanya??? 1 Minggu yg lalu sy minum postinor 2 tp sy minumnya Tdk sesuai anjuran dokter, sya minum pil yg pertama jm 8 Pg dan yg ke 2 1 siang... Apakah ada kemungkinan hamil... Dan. Aya telat dtng bln .... Tolong jelakan ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Postinor adalah kontrasepsi darurat yang bisa dipakai bila Anda lupa dan melewatkan jadwal KB atau berhubungan seksual tanpa kondom, namun tidak menginginkan terjadinya kehamilan. Namun perlu dipahami bahwa pil ini bukan obat penggugur kandungan, namun hanya obat yang mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan dengan cara merubah lendir rahim.

Obat ini perlu diminum segera setelah berhubungan seksual dan maksimal harus sudah diminum dalam waktu 72 jam. Postinor 2 ini terdiri dari 2 pil, dimana pil yang kedua sebaiknya diminum 12 jam setelah pil yang pertama. Namun bila Anda meminum pil kedua dengan jarak hanya 5 jam dari pil yang pertama, maka tidak masalah, namun mungkin efek samping seperti mual, muntah, pusing lebih besar.

Obat ini bukan obat penggugur kandungan dan sama seperti KB lainnya, tetap ada risiko terjadi kegagalan dan terjadi kehamilan. Sehingga bila Anda mengalami terlambat haid, maka perlu melakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid untuk memastikan sedang hamil atau tidak.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan Anda tidak kunjung haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Kondisi Ini Sering Muncul Saat Hamil Trimester Pertama

Hamil trimester pertama tak jarang disertai dengan berbagai kondisi medis tertentu. Mulai dari pendarahan vagina, hingga sakit kaki atau betis bisa terjadi.