28 May 2020, 22:53Perut

Telat menstruasi, apakah penyebabnya?

NK
Info Penanya: NK, Pria, 16 Tahun
Dok saya mau bertanya... Saya haid pada bulan maret tgl 25-29 Lalu saya haid pada bulan april 24-28 2 minggu Sblm saya haid bulan april ini payudara sakit, dan asam lambung naik, dan saya baru sadar perut saya keras bagian kanan bawah ketika haid bulan april ini. 2 minggu sblm haid bulan april ada gejala nya tuh tapi saya rasakan itu selesai haid bulan april terus menerus ngerasain sampai saya telat haid bulan mei ini masih ngerasakan hal itu. Kenapa ya itu dok?
21366 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selanat pagi, NKTerima kasih atas pertanyaan Anda.Siklus haid pada wanita normal adalah 21 - 35 hari, rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Cara untuk menghitung siklus haid adalah dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT), sampai dengan hari pertama pada haid berikutnya. Beberapa hari sebelum menstruasi, pada sebagian orang merasakan premenstruasi sindrom (PMS) seperti rasa tidak nyaman pada payudara dan perut, perubahan mood dan sebagainya.

Beberapa hal dibawah ini dapat mempengaruhi siklus haid menjadi terlambat atau tidak teratur, yaitu:

  • Adanya masalah secara hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi
  • Stres
  • Kelelahan
  • Perubahan berat badan yang mendadak
  • Obesitas
  • PCOS
  • Efek samping penggunaan kontrasepsi hormonal (KB)
Terkait dengan yang Anda tanyakan, banyak sekali faktor yang mempengaruhinya seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, keluhan tidak nyaman di perut, juga bisa dikarenakan masalah pencernaan Anda. Usahakan untuk tidak terlambat makan, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, hindari stres, istirahat cukup, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.Bila keluhan dirasa tidak membaik dan haid tidak kunjung datang, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil