Kapan masa subur saya?

F Info Penanya: F
Halo dok saya bulan kemarin datang bulan tgl 6 dan melakukan hubungan tgl 21 apakah tgl itu adalah masa subur saya? Dan untuk bulan ini saya belum menstruasi juga dan belum ada tanda-tanda menstruasi. Cuman puting susu sensitif. Trinakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Masa subur adalah saat yang paling tepat bagi pasangan untuk berhubungan seks jika mengharapkan kehamilan. Puncak masa subur (ovulasi) terjadi pada 14 hari sebelum menstruasi selanjutnya, sehingga jika siklus haidnya berbeda maka akan berbeda juga masa suburnya. Siklus haid bervariasi setiap wanita, dengan rata-rata 28 hari dan rentang 21-35 hari.

Terkait pertanyaan Anda, harus diketahui dulu berapa lama siklus haid Anda, baru menentukan tanggal 21 April masa subur Anda atau bukan. Jika siklus haid Anda berkisar antara 26-32 hari, kemungkinan besar 21 April adalah masa subur Anda. Tetapi, jika siklus haid Anda di bawah 26 hari atau di atas 32 hari, kemungkinan 21 April bukan masa subur Anda.

Jika memang sudah terlambat haid, Anda bisa melakukan testpack untuk memastikan. Puting susu yang sensitif bisa saja tanda kehamilan maupun tanda pre-menstrual syndrome. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti misalnya USG.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.