Kenapa saya terlambat menstruasi?

FN Info Penanya: FN, Wanita, 23 Tahun
Permisi dok, saya fitri. saya mengalami telat menstruasi 18 hari dok. pas sebelum telat awal awal saya flek selama seminggu. tapi hasil negatif dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi yang normal biasanya setiap 21-35 hari sekali. Beberapa wanita mungkin memiliki siklus menstruasi setiap 23 hari sekali. Durasi perdarahan haidnya itu sendiri rata-rata berlangsung dari 2 sampai 8 hari.

Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu pasti datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya. Namun jika terlambat haid Anda berlangsung lebih lama, bisa salah satu dari kondisi di bawah ini :

  1. Kehamilan
    Gejala kehamilan yang biasa muncul adalah timbul bercak cokelaat, mual, payudara nyeri dan bengkak dan mudah lelah.
  2. Stress
    Saat stress mempengaruhi produksi hormon kortisol yang berlebihan ini dapat memengaruhi bagian otak yang berperan untuk mengatur menstruasi, yaitu hipotalamus.
  3. Gangguan hormon atau masalah pada tiroid
    Kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga kadar hormon juga dapat terpengaruh terhadap siklus haid Anda.
  4. PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome
    Suatu kondisi dimana tubuh lebih banyak menghasilkan hormon androgen. Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan kista yang terbentuk di indung telur.

Mengingat banyak hal penyebab dari terlambat haid, sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter kandungan jika setelah melakukan test pack beberapa kali masih menunjukan hasil negative. Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memeriksa terlambatnya haid Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perdarahan postpartum berpotensi dialami semua wanita yang melahirkan

Normalkah Perdarahan Post Partum Selama Masa Nifas?

Perdarahan postpartum pada masa nifas dialami semua wanita melahirkan. Perdarahan ini disebabkan oleh meluruhnya dinding rahim, dan proses pemulihannya.