Apakah tanda-tanda hamil?

EK Info Penanya: EK
DOk saya mau tanya saya berhubungan dg suanibtgl 5-2-2020, shrusnya tgl 20-02-2020 sya udh dtg bulan tp smpe skrg belom datang2 . Suami saya membuang sprema didalam. dan saya juga sering merasakan payudara nyeri2, sering buang air kecil, dan bawah perut dan pinggang sakit. Apakh itu tanda hamil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan merupakan salah satu berita yang menggembirakan yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Umumnya gejala kehamilan akan dimulai saat seorang terlambat haid. Selain hal tersebut ada beberapa gejala lain tanda awal kehamilan :

  1. Kram dan perdarahan
    Kram yang dialami hampir sama dengan kram ketika haid, selanjutnya akan mengalami perdarahan implantasi berupa bercak-bercak,kondisi ini merupakan tanda proses menempelnya sel telur yang di buahi pada dinding rahim.
  2. Perubahan payudara
    Kemungkinan akan mengalami pembesaran, terasa lebih penih, nyeri dan menghitam di daerah sekitar areola.
  3. Sering buang air kecil
    Saat mulai hamil, tubuh akan memompa darah dalam jumlah darah dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga ginjal harus memproses cairan lebih banyak.
  4. Mual dengan atau tanpa muntah
    Tiga minggu setelah pembuahan sebagian wanita merasakan mual, dengan atau tanpa muntah. Tidak hanya pagi hari, mual dapat terjadi kapan saja. Hal ini berkaitan dengan hormon kehamilan.
  5. Sakit punggung bagian bawah
    Sebagian ibu hamil akan ada yang merasakan sakit pinggang bawah yang kemungkinan  berlanjut selama kehamilan, terutama karena penabahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

Saran saya jika Anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikannya, atau lakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.