Penyebab telat menstruasi dan muncul gumpalan darah

ED Info Penanya: ED, Wanita
Siang dok.. usia saya 28 tahun dan pada bulan juli 2019 saya sempat mengalami keguguran. Dan pada tgl 31 nopember hari pertama haid saya mulai meminum pil kb. Dari semenjak minum pil kb belum dtng bln dan di perkirakan sekita 14 hari telat dtng bln.. di tes hasilnya negatif.. dan hari ini keluar seperti gumpalan. Kira" itu apa ya dok apa ada penyakit kista atau semacamnya ? Mohon pencerahannya dok.. trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan bagian dari siklus menstruasi dimana wanita akan mengalami perdarahan yang keluar dari vagina. Ini berlangsung selama beberapa hari. Biasanya siklus menstruasi yang normal itu 28 hari. Tapi bisa juga berlangsung 21-40 hari. Jadi, bisa lebih cepat, bisa lebih lama. Perdarahan yang keluar biasanya berwarna merah muda, merah segar, coklat, dan hitam. Pada saat menstruasi, wanita akan kehilangan 30-70 ml darah, terkadang bisa juga mengalami perdarahan yang lebih berat. Darah mens yang keluar berupa cairan, terkadang berbentuk gumpalan.

Pada saat seorang wanita memakai KB pil, maka efek samping yang didapat adalah mentruasinya yang lebih lama dan volume darah yang kelaur biasanya banyak, berat badan naik, mual, gairah seksual yang naik turun, mood yang berubah, sering mengalami sakit kepala, keputihan, payudara yang tak nyaman, dan terkadang terjadi penebalan kornea mata.

Kondisi yang Anda alami ini kemungkinan bisa karena efek dari pemakaian pil KB, bisa juga sebagai awal tanda mesntruasi Anda. Terkadang tanda awal mentruasi bisa berupa flek-flek, bisa juga berupa gumpalan darah. Untuk memastikannya apakah itu merupakan hal yang normal atau karena kondisi medis tertentu (kista ovarium, mioma, endometriosis, dll), maka dibutuhkan pemeriksaan langsung, USG, dll ke dokter spesialis kandungan. Sehingga Anda memperoleh pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

sakit kepala saat haid menjadi salah satu masalah yang cukup banyak terjadi pada wanita

Mengenal Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dengan Cara Mengatasinya

Salah satu keluhan yang dapat wanita rasakan saat menstruasi, yaitu sakit kepala. Sakit kepala saat haid bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana mengatasinya?