Telat menstruasi atau hamil?

DH Info Penanya: DH, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter ..saya wanita umur 29 ..awal menstruasi saya bulan januari tanggal 29 sy lupa selesainya kapan ..nah di bln februari smpe dgn skrg tgl 4 maret sy blm mens jugaa bulan februari ga mens. kemaren saya tespeck negatf,nah waktu tgl 3 sya sudah pipis lap pake tissu di tissu ada lendirr sama darh sedikit banget saya kira mau menstruasi ternyata bsoknya tidakk itu kenapa ya dok? Mohon saran apakah sya harus tespect lagi atau periksa ke dokter? Atau emang saya blm waktunya mens..Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DH.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi adalah luruhnya dinding rahim yang keluar sebagai darah, yang terjadi setiap bulan pada wanita yang tidak hamil. Siklus menstruasi bervariasi bagi setiap orang, antara 21-35 hari. Biasanya menstruasi berlangsung selama 4-7 hari.

Sehubungan dengan kasus yang Anda alami, hari pertama haid terakhir (HPHT) Anda adalah tanggal 29 Januari 2020. Itu berarti hari ini (4 Maret 2020) adalah hari ke-36 Anda tidak mengalami menstruasi, yang artinya sudah di luar siklus menstruasi normal, dan dikatakan terlambat.

Menstruasi yang terlambat bisa terjadi karena:

  • Hormon yang tidak stabil
  • Stres
  • Turun atau naik berat badan secara ekstrim
  • Penyakit lain, seperti gangguan tiroid atau PCOS
  • Kelelahan
  • Penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil atau suntik
  • Kehamilan

Nah, kehamilan sendiri memiliki tanda-tanda selain terlambat menstruasi, yaitu:

  • Payudara yang membesar dan sensitif
  • Ingin makan-makanan tertentu (ngidam)
  • Flek darah atau lendir
  • Mual dan muntah di pagi hari

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan testpack ulang dengan urine di pagi hari. Untuk mengetahui dan berkonsultasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan penunjang, seperti USG rahim.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
04 Mar 2020, 19:26
Dok , saya sudah telat 3 bulan , bagus gmn ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:27
Telat haid bisa disebabkan berbagai macam hal, seperti kehamilan, penggunaan kontrasepsi, stres, berat badan yang naik atau turun terlalu cepat, dan lainnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pasti, dan mendapatkan penanganan yang sesuai ya.
Dibalas oleh OK
29 Mar 2020, 20:14
Hai dok.. saya juga sama ingin bertanya saya haid terakhir awal haid 14 Februari biasa haid berakhir 7-10 hari, skrg sudah 29 Maret tapi belum haid saya udh 2 kali tes dan hasil negatif apa sebaiknya saya langsung ke dokter untuk menanyakan penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:28
Betul, OK, karena penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari kehamilan, penggunaan kontrasepsi, stres, dan lain-lain. Boleh dikonsultasikan langsung ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

sakit kepala saat haid menjadi salah satu masalah yang cukup banyak terjadi pada wanita

Mengenal Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dengan Cara Mengatasinya

Salah satu keluhan yang dapat wanita rasakan saat menstruasi, yaitu sakit kepala. Sakit kepala saat haid bisa membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana mengatasinya?