Apakah yang menyebabkan saya tidak menstruasi selama 2 bulan?

SF Info Penanya: SF, Wanita
Halo dok, Usia saya 18 thn,saya sudah telat menstruasi selama 2 bulan. Saya sudah shearching mengenai hal yg harus saya lakukan, sudah saya lakukan namun tidak juga menstruasi, ini sudah memasuki bulan ke 3 saya tdk menstruasi.Dan pada setiap menstruasi, saya mengalami nyeri sehingga saya selalu mengkonsumsi obat obatan pereda nyeri.Terakhir kali menstruasi saya meminum obat yang berbeda dari yang biasa saya minum,itu sebenarnya kenapa dan saya harus bagimana ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi normal pada wanita bila siklusnya beriksar pada 21 hari hingga 35 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi pada periode bulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada periode berikutnya. Rata-rata wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari, dengan lama menstruasi yang normal wanita yaitu 2-14 hari. Adanya siklus menstruasi ini dipengaruhi oleh hormon-hormon reproduksi wanita. 

Adapun beberapa penyebab siklus menstruasi tidak lancar yaitu:

Bila mana Anda tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan atau 90 hari secara berturut-turut, maka kondisi ini disebut dengan istilah amenorea sekunder. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar siklus menstruasi lancar adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, konsumsi makanan bergizi, dan lakukan istirahat cukup.

Bilamana keluhan tidak membaik, siklus menstruasi masih belum juga lancar sebaiknya periksakan ke dokter sepsialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk Anda sehingga Anda mendapatkan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga saat haid dengan intensitas ringan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala PMS

Manfaat Olahraga Saat Haid dan 5 Jenis Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan

Olahraga saat haid dapat membantu meredakan nyeri kram perut hingga meningkatkan suasana hati. Lalu, apa saja pilihan olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menstruasi?