Telat menstruasi 1 bulan dan ada riwayat hubungan seksual

A Info Penanya: A, Pria
Dok pasangan saya telat haid 1 bulan 3 hari tetapi dalam sebulan itu saya melakukan hubungan seksual sebanyak 2 kali, tapi saya tidak keluarin di dalam miss v nya. Apakah ada kemungkinan pasangan saya hamil? Mohon maaf jika ada kata yg kurang sopan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Telat haid selama 1 bulan adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapa hal, bisa karena terjadi kehamilan, bisa karena ada ketidak seimbangan hormon, ada masalah di saluran reproduksi, mengalami stres baik mental atau fisik, perubahan berat badan dan lainnya.

Apabila sebelumnya melakukan hubungan seksual dan terjadi penetrasi, meskipun tidak melakukan ejakulasi di dalam atau melakukan coitus interuptus, kemungkinan hamil bisa terjadi. Saat melakukan penetrasi bisa ada cairan preejakulasi yang mungkin mengandung sel sperma yang bisa membuahi sel telur.

Untuk itu apabila terjadi keterlambatan menstruasi, bisa melakukan pemeriksaan awal menggunakan testpack. Apabila masih ingin menunda kehamilan ada baiknya menggunakan kontrasepsi seperti:

  • Pil KB
  • Kondom

Jika didapatkan hasil pemeriksaan testpack negatif, perhatikan dalam 2 minggu kedepan dan bisa ulang pemeriksaannya jika masih belum juga haid. Jika diulang hasilnya samar atau negatif bisa periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan dengan melakukan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut kain memiliki keunggulan dibandingkan pembalut sekali pakai

Pembalut Kain, Alternatif Sehat Kala Datang Bulan

Pembalut kain memiliki keunggulan maupun kelemahan dibanding pembalut sekali pakai. Keunggulan tersebut berupa lebih sehat, ramah lingkungan, dan tahan lebih lama.