07 Sep 2021, 22:38Kandungan

Penyebab keluar flek coklat dan telat haid, apakah hamil ?

MN
Info Penanya: MN0
Malam dok, saya terakhir mens tggl 28-3 agustus, tapi pd tggl 22 agustus sy keluar bercak darah seujung kuku brwana merah pudar kemudian 23,24 keluar flek coklat sgt sedikit dan sampai skrg sy belum mens ttp hasil tespack negatif, disertai nyeri pinggang,pundak,kram ringa perut dan nyeri ringan pada payu dara, kira2 kenapa dok? Tmksh
102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, M.Flek coklat dapat dialami wanita baik setelah melakukan hubungan intim maupun karena berbagai kondisi. Flek coklat merupakan cairan yang keluar dari vagina bercampur sedikit darah. Flek coklat dapat disertai rasa sakit pada perut bawah, nyeri, panas dan gatal pada vagina. 

Apa yang menyebabkan keluar flek coklat, apakah hamil ?

Anda terakhir menstruasi tanggal 28-3 agustus. Pada tanggal 22 agustus keluar bercak darah seujung kuku berwana merah pudar kemudian tanggal 23 dan 24 keluar flek coklat sangat sedikit dan sampai sekarang Anda belum menstruasi.Anda melakukan test pack hasilnya negatif. Flek coklat disertai nyeri pinggang, pundak, kram ringan perut dan nyeri ringan pada payudara, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Premenstrual syndrome (PMS).
  • Kehamilan dimana hormon HCG belum terdeteksi di urin yang menyebabkan hasil test pack negatif. Selain itu, cara penggunaan test pack yang salah, waktu pemeriksaan tidak tepat, alat tidak sensitif juga dapat mempengaruhi hasil.
  • Flek coklat akibat gangguan hormon karena PCOS, endometriosis, mioma uteri, kista ovarium, tumor pituitari.
  • Penyakit radang panggul.
Anda dapat menunggu sekitar 1 minggu lagi, jika tetap tidak haid, maka lakukan test pack kembali. Jika hasil test pack negatif, Anda tidak hamil, namun Anda tetap dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab yang mendasari, terutama jika haid tidak kunjung terjadi, nyeri dan kram perut bertambah hebat.Mulai jalani hidup sehat dengan rajin olahraga, menjaga berat badan, istirahat, konsumsi makanan bergizi sehingga hormon tetap stabil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilangangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil