21 Dec 2020, 15:59Kandungan

Penyebab telat datang bulan pada sebagian besar wanita

PS
Info Penanya: PS0
Klau telat 4 bln mens knp yaa dok
343 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo P,Saya akan mecoba mejawab pertanyaan Anda.Banyak wanita yang mengeluh telat haid atau belum datang bulan di waktu yang seharusnya. Banyak pula wanita yang masih salah dalam menghitung kapan seharusnya mereka datang bulan kembali. Datang bulan tidak harus sama tanggal di setiap bulannya. Datang bulan ini dapat dihitung berdasarkan siklus menstruasi yang biasanya Anda alami. Rata-rata wanita mengalami siklus mentruasi teratur sekitar 28 hari. Siklus menstruasi normal seorang wanita sekitar 21 hari hingga 35 hari. Ini dapat dihitung dari hari pertama datang bulan Anda di bulan lalu (hari pertama haid terakhir/HPHT) hingga ke hari pertama haid Anda yang berikutinya.

Penyebab telat datang bulan pada sebagian besar wanita

Jika Anda tidak datang bulan lebih dari siklus menstruasi normal yaitu 35 hari, berarti Anda dapat dikatakan telat datang bulan. Penyebab telat datang bulan pada sebagian besar wanita bermacam-macam, antara lain :
  • Gangguan hormon yang mengatur proses menstruasi yaitu esterogen dan progesteron akibat penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon seperti pil KB, KB suntik, KB implan.
  • Gangguan metabolisme tubuh akibat penyakit gondok atau hipotoiroid dan hipertiroid.
  • Keridakseimbangan gizi akibat berat yang terlalu berlebih (obesitas) atau berat yang kurang (malnutrisi).
  • Gangguan hormon akibat stress dan kelelahan fisik yang tidak ditanganin dengan baik.
  • Tanda sebuah kehamilan.
  • Proses menyusui terutama menyusui secara eksklusif.
Anda dapat mengitung sklus menstruasi biasanya Anda alami dan hitung berdasarkan siklus menstruasi normal. Jika Anda memang mengalami telat haid, terutama yang diikuti tanda-tanda kehamilan seperti timbulnya rasa ingin selalu berkemih dengan kencing yang tidak lampias, mual dan muntah yang memberat di pagi hari, ada rasa keram di payudara dan perut, segera periksa kencing Anda menggunakan alat tes kehamilan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil