Apakah KB suntik 3 bulan memengaruhi siklus menstruasi?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 24 Tahun
Hallo dok. Saya mau tanya. Saya kan sudah pakai kb yang 3 bulan selama 4 kali ini. awal2 itu saya tetap mens tapi ya gak sesuai jadwalnya ( enggak teratur ) , tapi sekarang saya itu kok telat 1 bulan enggak mens . Saya belum juga tes pack sih karena enggak ada tanda kehamilan juga . Nah apakah ini juga penyebab pakai kb 3 bulan ya dok?? Sehingga sekarang saya belum mens juga ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MR.

Suntik 3 bulan memang memengaruhi siklus menstruasi, yang bisa menyebabkan siklus menjadi tidak teratur, memanjang, bahkan terhenti. Pasalnya, suntik 3 bulan mengandung hormon sintetik progesteron, yang dapat mencegah pelepasan sel telur dan memengaruhi hormon alami tubuh. Akibatnya, hormon-hormon yang mengatur menstruasi juga berubah, sehingga terjadilah perubahan siklus tersebut.

Mengenai kehamilan pada saat menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan, kemungkinannya sangat amat kecil apabila suntik dilakukan secara teratur. Tetapi, apabila Anda ragu, boleh-boleh saja melakukan testpack untuk memastikan.

Apabila negatif, maka kondisi Anda kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan suntik 3 bulan tersebut. Apabila Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi non-hormonal, seperti kondom atau IUD. 

Anda dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan, karena tiap-tiap kontrasepsi memiliki kelebihan, kekurangan, dan jangka waktu yang berbeda-beda. Berikut terlampir tautan terkait jenis-jenis kontrasepsi sebagai panduan.

Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Datanglah bersama pasangan, agar semua pertanyaan bisa terjawab secara langsung dan jelas. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.