18 Jun 2020, 23:38Kandungan

Telat menstruasi selama 1 minggu, itu kenapa dok?

DK
Info Penanya: DK0
Halo dok, saya mau nanya Saya berhubungan intim di akhir bulan maret, dia tidak mengeluarkan sperma, sempat khawatir. Karna saya tidak mau keluar didalam Dan saya mens tanggal 12 april. Lalu mens lagi tanggal 11 mei Di bulan juni ini, harusnya saya mens tgl 11-13 dok, dan saya telat mens 1 minggu dok. Itu Kenapa ya dok ?
14059 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DK,Terlambat menstruasi apabila terjadi setelah berhubungan seksual sebelumnya bisa mungkin disebabkan oleh tanda kehamilan, tetapi jika setelah berhubungan intim lalu bulan berikutnya sudah menstruasi maka tidak terjadi kehamilan.Apabila saat ini terlambat haid, tetapi setelah menstruasi terakhir tidak melakukan hubungan intim maka terlambat haid bisa disebabkan oleh:
  • Gangguan hormonal
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Beban fisik atau mental
  • Masalah di saluran reproduksi dan organ reproduksi
  • Penggunaan kontrasepsi
Jika merasa ragu, bisa coba lakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan alat tes sederhana seperti testpack. Perhatikan kesehariannya agar haid bisa kembali lancar.Upayakan cukup istirahat, kelola stres dengan baik, makan secara teratur, jaga berat badan ideal, olahraga rutin dan bisa coba minuman yang membantu melancarkan haid seperti misalnya kunyit, kayu manis, jahe, dan lainnya.Apabila nanti lebih dari 3 bulan tetap tidak hai, maka ada baiknya segera periksakan diri pada dokter spesialis kandungan agar diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil