Apakah obat alergi memengaruhi siklus haid?

ER Info Penanya: ER, Wanita, 1 Tahun
Halo dokter.Saya pelajar ,baru kelas 10 Smk . Saya mengalami telat datang bulan selama 2 bulan, padahal saya tidak pernah sekalipun berhubungan intim dengan lawan jenis, bisa di katakan saya masih perawan. Saya mempunyai alergi dingin,gejalanya gatal-gatal dan bentol di sekujur tubuh. Ketika saya alergi saya selalu mengonsumsi obat alergi yang dosis nya sedikit tinggi. Apakah obat alergi dapat menghambat menstruasi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ER.

Datang bulan sering disebut juga dengan istilah haid atau menstruasi. Setiap wanita usia subur akan mengalami siklus haid yang teratur yang berkisar antara 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Haid terjadi karena luruhnya dinding rahim saat tidak terjadi implantasi oleh sel telur yang sudah dibuahi. Haid akan keluar sebagai darah melalui liang vagina.

Siklus haid yang tidak teratur, atau terlambat haid, dapat disebabkan oleh:

  • Kehamilan
  • Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil, suntik, atau implan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji
  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis
  • Penyakit lain, seperti PCOS atau gangguan tiroid

Terkait obat-obatan yang Anda konsumsi, biasanya saat kondisi alergi ada dua obat yang sering dikonsumsi. Yang pertama adalah golongan antihistamin, dan sampai saat ini tidak ditemukan pengaruh obat tersebut dengan siklus haid. Yang kedua adalah golongan kortikosteroid, dan golongan ini memengaruhi siklus haid. Anda bisa berbicara kepada dokter yang menangani alergi Anda tentang efek samping yang Anda rasakan ini. Dokter mungkin akan mempertimbangkan ulang risiko dan keuntungan obat tersebut. 

Selain itu, jangan lupa selalu lakukan pola hidup sehat agar hormon seimbang. Konsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral, serta protein yang cukup. Rutin berolahraga dan tidak begadang, serta kelola stres dengan baik.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!